Selasa, 26 Oktober 2010

RAHASIA KEKUATAN ALAMI


Ada dua macam ginseng yang dikenal dari dua tempat yang berbeda, ginseng dari Amerika Utara dan ginseng China. Panax quinquefolium atau yang lebih dikenal dengan ginseng panax, adalah ginseng yang berasal dari Amerika Utara, ukurannya kecil dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Sedangkan ginseng dari China pada umumnya berukuran besar.

Ginseng Asia, terutama ginseng yang berasal dari Korea, Manchu, Vietnam dan China dikategorikan bersifat "yang" atau hangat. Digunakan sebagai obat dalam jangka pendek saja. Sedangkan ginseng dari Amerika bersifat "yin", dingin, dan cocok digunakan dalam waktu yang lama, sehingga panax ginseng digunakan sebagai penjaga vitalitas dan diminum secara rutin.

Karena aman digunakan dalam waktu jangka panjang, ginseng Amerika sangat mahal harganya di Asia. Apalagi berbagai khasiat yang diperoleh dari ginseng tersebut sangat dibutuhkan untuk pengobatan sehari-hari.

Ginseng memiliki banyak khasiat, di antaranya memperlancar menstruasi, meningkatkan hormon dan kekebalan tubuh pasca operasi, meningkatkan sistem immune tubuh, kaya akan antioksidan dan anti stres, memperlancar peredaran darah ke otak.

Dalam penelitian lebih lanjut, ginseng dipercaya sebagai obat tekanan darah tinggi maupun rendah, mengatasi demam, mencegah kanker, mengobati diabetes, mengobati penyakit jantung dan alergi.

Pun demikian, ginseng tidak dianjurkan untuk wanita hamil maupun menyusui. Sampai saat ini para peneliti belum memastikan dengan benar efek apa yang akan ditimbulkan pada wanita hamil maupun menyusui. Untuk itu sebaiknya Anda lebih cermat dan berhati-hati. Konsultasikan terlebih dahulu dengan para ahli saat Anda akan mengonsumsi ginseng ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar di blog kami...

Total Tayangan Halaman